GoLive Indonesia from the eyes of Dias Satria

GoLive Indonesia caught up with Dias Satria during his visit to Adelaide, this September. Besides asking him to share about his PhD journey in our Discussion Series, we ask him to share his thoughts and experiences during his active days in GoLive Indonesia.

Q: How did you get involved with GoLive Indonesia?

Dias: Sejak studi PhD di University of Adelaide 2011, salah satu lecturer di kampus ini yaitu Dr Risti Permani mengundang saya untuk bergabung didalam Golive Indonesia. Beliau merupakan orang pertama kali yang mengcreate kegiatan-kegiatan Golive Indonesia, dan menjelaskan bagaimana visi misi Golive Indonesia kedepannya.

Q: What does GoLive Indonesia mean to you? How did GoLive contribute to your studies and personal development? 

Dias: Selain andil besar supervisor, Dr Elton Li, yang mensupport saya untuk menyelesaikan PhD, adalah Golive Indonesia yang menciptakan sebuah atmosfer akademik yang juga banyak membantu saya menyelesaikan studi ini khususnya dalam mengembangkan networking dan research skills saya.

Golive Indonesia merupakan wadah bagi saya untuk lebih dalam memahami research dan policy dari perspektif dan latar belakang ilmu yang berbeda-beda. Dengan adanya event workshop dan seminar yang diadakan Golive kita mempelajari hal applied yang baru, dan memahami isu-isu terkini dan populer dari presenter-presenter yang ada.

Sebagai contoh, sebagai seorang ekonom saya belajar bagaimana teknologi nuklir itu diterapkan, bagaimana membumikan ilmu fisika, bagaimana gardu listrik bisa lebih efisien dan banyak lagi tema-tema lain yang menarik dan applied diterapkan di Indonesia.

Selanjutnya dari Golive ini jugalah saya belajar tentang visual ethnography dan mixed method dari Dr Elvia Shauki, belajar merencanakan survey dan tahapan penelitian dari Dr Wahida Maghriby. Bahkan di tahun 2013 dengan Golive Indonesia pulalah, saya dikirim ke Australian National University untuk menjadi presenter dalam sebuah conference yang salah satu pembahasnya adalah Dr Arianto Patunru. Artinya, banyak hal yang memberikan kontribusi secara akademik dalam pengembangan disertasi saya, ketika saya bergabung di event-event Golive Indonesia.

Merupakan sebuah mimpi di masa depan bagaimana kita bisa mengkolaborasikan bidang-bidang ilmu yang berbeda, untuk menjadikan Indonesia bisa lebih baik. Hal inilah yang selalu saya pupuk, bahwa sepulangnya saya di Indonesia koneksi dan networking yang dibangun sejak ikut di Golive dapat lebih besar lagi memberikan manfaat yang riil bagi pembangunan Indonesia. Yaitu bagaimana kita mampu mentransformasikan sebuah knowledge menjadi hal yang riil, yaitu policy, yang berangkat dari kolaborasi antar instansi dan latar belakang yang berbeda yang menjadikan kita satu kekuatan untuk Indonesia. #Maju_bersama_untuk_Indonesia

Dias - Phd Alakadarnya

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s